Recent Comments

About

©2013-2016 SAHL. Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Wikipedia

Hasil penelusuran

HUTA TINGGI

HUTA TINGGI

JOB CAREER

JOB CAREER

ICON

ICON

Home Top Ad


SAHL

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Arsip Blog

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Breaking

AMBARAWA

AMBARAWA

ADVERTISE

ADVERTISE

PANGURURAN

PANGURURAN

BERASTAGI

BERASTAGI

SIDIHONI

SIDIHONI

RAJA AMPAT

RAJA AMPAT

Fashion

News

Food

Sports

Food

Technology

Featured


Videos

ALAM BUKANLAH MUSUH MELAINKAN SAHABAT KITA


Mengenai Saya

Foto saya
Who am i? I am that i am

WONOSOBO

WONOSOBO

PUSUK BUHIT

PUSUK BUHIT

LAUSER

LAUSER

SIBAYAK

SIBAYAK

SINABUNG

SINABUNG

BROMO

BROMO

RINJANI

RINJANI

MERAPI

MERAPI

SEMERU

SEMERU

Tags

Labels

Blogger templates

About Me

authorHello, my name is Jack Sparrow. I'm a 50 year old self-employed Pirate from the Caribbean.
Learn More →

Random Post

Halaman

Recent Posts

Blogroll

Rabu, 14 Desember 2016

Puspa dan Satwa wajib kita Pelihara!

 


CATATAN PENDEK
  
Banner HCPN 2016/SAHL


Oleh: Abhotneo Naibaho



Puspa berarti bunga. Sementara, satwa berarti binatang. Kita, sebagai manusia yang memang diciptakan oleh Maha Pencipta secara khusus tentu berbeda dengan puspa dan satwa. Manusia punya akal dan pikiran, sementara puspa dan satwa sama sekali tidak.


Hari ini adalah haari yang cukup spesial terhadap puspa dan juga satwa. 15 Desember pada setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN). Pemerintah menetapkannya tentu bukan tidak punya alasan dan tujuan. Kita diajak untuk memiliki rasa cinta terhadap puspa (bunga) dan juga satwa (binatang).


Bunga dan binatang yang dimaksud memang secara umum adalah setiap bunga atau binatang apa saja. Tetapi secara khusus yang dimaksudkan adalah aneka puspa yang memang benar-benar dilindungi karena keberadaannya sudah cukup langka. Sama halnya dengan binatang, beberapa satwa yang dilindungi karena binatang tersebut sudah semakin langka bahkan diambang kepunahan.





Keanekaragaman Puspa 


Jika ada yang beranggapan urusan soal bunga adalah urusan kaum wanita tentu tidak lah semestinya benar. Di beberapa daerah, ada banyak kaum pria yang concern terhadap puspa (bunga). Bahkan tidak sedikit juga, kaum pria pecinta puspa, hidupnya bisa lebih dari cukup menjalankan bisnis jual-beli bunga, apalagi bunga yang memang lagi booming di pasaran seperti beberapa tahun lalu, bunga antrium bikin heboh para pebisnis dan juragan soal bunga dan tumbuhan.

Beberapa puspa (bunga) yang memang sudah langka keberadaanya seperti; bunga anggrek, bunga bangke, bunga kembang sepatu dan yang lainnya, keanekaragamannya bisa tetap terjaga dan dilestarikan.




Aneka Satwa dilindungi


Sama halnya dengan puspa atau beberap tumbuhan yang dilindungi, satwa atau binatang juga banyak yang dilindungi keberadaannya seperti penyu, gajah, ikan paus, panda, burung jalak, orangutan, badak, dan masih banyak lagi yang spesies atau turunannya sudah sangat langka bahkan diambang kepunahan.

Berbagai upaya oleh sekelompok orang untuk memburu beberapa satwa dilindungi baik secara ilegal demi meraup keuntungan atas perdagangan liar akan satwa dilindugi masih terus terjadi.




Kita harus menjaga kelestarian alam, dimulai dari sekitar kita. Aneka puspa dan satwa diciptakan oleh Maha Pencipta bukan lah suatu kebetulan. Puspa dan Satwa diciptakan oleh Maha Pencipta masing-masing punya fungsi dan peranan di alam semesta. Sebagai contoh, puspa atau bunga identik dengan keindahan. Jika bunga, tidak ada, maka suasana pemandangan alam sekitar serasa kurang lengkap. Belum lagi beberapa fungsi tumbuhan yang di antaranya dapat digunakan oleh manusia sebagai obat-obatan untuk menyembuhkan sakit-penyakit yang disebut dengan istilah herbal.

Demikian halnya dengan binatang, beberapa di antaranya juga berguna untuk menambah stamina dan kesehatan tubuh manusia. Menyembuhkan sakit-penyakit dalam tubuh. Jika kita--manusia butuh kehidupan, demikian halnya binatang juga membutuhkan kehidupan untuk bisa bebas di alam atau pun habitatnya.

0 on: "Puspa dan Satwa wajib kita Pelihara!"